Senin, 20 April 2015

Macam Macam Makanan Khas Palembang

Palembang merupakan kota yang dibelah oleh sungai, oleh karena itu palembang merupakan kota yang memiliki makanan khas yang berbahan dasar ikan, berikut ini makanan khas palembang yang berbahan adonan daging ikan;
1. Pempek
banner-pempek
Pempek, Siapa yang tidak kenal makanan khas palembang yang satu ini. Makanan dengan bahan dasar utama daging ikan dan sagu, jenis pempek yang umumnya kita temui di Palembang diantaranya pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek pistel, pempek kulit, pempek tahu,  pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak – otak. dan kurang lengkap apabiila menyantap pempek, tidak menambahkan kuah kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula batok / gula merah, cabe dan udang kering yang disebut saus cuka (cuko).
2. Tekwan
tkwn
Tekwan adalah hidangan sup khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah soon, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.
mmm.. pastinya nikmat
3. model
model
Model, hampir sama dengan tekwan tetapi di sajikan dengan kuah dan bahan yang menyerupai pempek isi tahu lalu dipotong kecil kecil Ada 2 jenis model, yakni Model Ikan (Model Iwak) dan Model Gandum (Model Gendum).
4. Laksan
lakasan
Laksan, Pempek lenjer yang di iris tipis dan melintang dan kuah nya berbahan dasar santan pedas.
5. Celimpungan

celimpungan

Celimpungan, Hampir sama dengan laksan, cuma adonan pempek seperti biji tekwan yang dibuat lebih besar dan disiram kuah santan yang tidak pedas.

1 komentar: